Wednesday, January 18, 2017

Harry Potter World di Osaka, Jepang


Siapa yang tidak kenal Harry Potter??
Rasa-rasanya hampir semua orang berusia 17-50 tahun pernah mendengar tentang Harry Potter dan kawan-kawan. Entah itu membaca bukunya, menonton filmnya atau hanya sekedar tau. Bahkan banyak yang menjadi fans setianya, termasuk saya sendiri. Saya selalu setia mengikuti buku-buku dan segala sesuatu tentang Harry Potter, semenjak membaca buku Harry Potter untuk pertama kalinya belasan tahun yang lalu hingga kini,

Harry potter pulalah yang menjadi salah satu alasan saya memilih Osaka, Jepang sebagai destinasi liburan bersama 2 saudara saya di tahun 2015. Universal Studio yang merupakan salah satu theme amusement park terbesar dan populer di dunia, baru saja meresmikan wahana The Wizarding World of Harry Potter di Osaka, Jepang. Di Jepang, Universal Studio hanya ada di Osaka dan merupakan satu-satunya wahana Harry Potter di Asia. Hal ini tentu saja merupakan godaan yang sangat kuat bagi pecinta Harry Potter seperti saya.

Promo Harry Potter Universal Studio. pic dari dulichbui.vn
Setelah kasak kusuk membahas rencana perjalanan, kami akhirnya memutuskan untuk berangkat di bulan januari 2015 agar dapat merasakan musim dingin di Negara Jepang. Pengennya sih sekalian bergaya-gayaan memakai Coat *hahahaha narsis .  Sesampai kami di bandara Kansai, kami langsung bingung mencari arah untuk pergi ke pusat kota. Maklum aja…tulisannya banyak yang memakai tulisan kanji apalagi saudara saya lupa mencatat dengan pasti alamat penginapan kami.


Ingin naik taksi tapi taksi katanya super mahal untuk perjalanan dari bandara ke pusat kota Osaka. Rugi dong kalau uang jajannya habis untuk bayar taksi, mendingan pakai shopping #penting hehehe…Mau memakai google map tetapi tidak ada satupun yang aktif internetnya. Saat-saat seperti inilah yang membuat saya menyesal tidak memakai jasa travel tour yang memudahkan kita dalam liburan.

Akhirnya kami memutuskan untuk naik kereta setelah bertanya-tanya ke banyak orang. Sungguh beruntung karena saat itu kami bertemu dengan orang yang super baik yang mau meminjamkan smartphonenya. Orang tersebut bahkan menemani kami hingga pertukaran kereta karena kebetulan dia mau ke arah yang sama. Dia juga dengan baik hati membantu mengangkat koper-koper kami *keuntungan menjadi seorang wanita wkakaka
Ki: kedinginan menunggu bus yang belum datang
ka: cogan jepang yg berbaik hati membantu kami naik kereta dan membawa barang kami
Udara dingin langsung menerpa kami begitu keluar dari stasiun bawah tanah. Lumayan kaget juga merasakan dinginnya udara yang saat itu sekitar 10C. Setelah bertanya-tanya, kami akhirnya menemukan penginapan kami. Setelah sampai di penginapan, kami kembali bingung saat memutuskan hendak makan malam. Ingin mencoba okonomiyaki yang merupakan makanan khas Jepang tetapi kami ragu-ragu akan kehalalannya.

Kota Osaka merupakan salah satu kota besar di Jepang yang masih memegang teguh budaya tradisionalnya. Banyak rumah-rumah di pinggiran kota yang masih bergaya tradisional. Rumah makanpun masih ada yang tidak mempunyai menu dalam bahasa inggris walaupun berada di daerah turis. Pelayan rumah makan juga tidak banyak yang bisa berbahasa inggris. Kalaupun bisa berbahasa inggris, terkadang pengucapannya agak berbeda di telinga kita sehingga membingungkan. Kami pernah terpaksa meminta tolong tamu yang duduk di sebelah meja kami saat harus memesan makanan karena pelayan tidak mengerti maksud kami.

Kebingungan kembali melanda saat hendak memutuskan akan pergi melihat atraksi apa saja. Maklum saja, kami tidak ada persiapan sebelumnya dan yang ada dipikiran hanya melihat The Wizarding World of Harry Potter di Universal Studio. Seandainya waktu itu saya sudah mengetahui tentang Paket Tour Wisata Halal Jepang, kebingungan saya tentang arah jalan, kehalalan makanan dan atraksi wisata tentunya tidak akan terjadi. Saya cukup mengikuti semua rencana perjalanan dari Cheria Wisata Tour Travel Halalterlengkap di Indonesia yang telah disiapkan dan menikmati liburan saya.

Setelah browsing dan bertanya-tanya kepada teman yang orang jepang, kami akhirnya memutuskan untuk pergi melihat ke beberapa atraksi wisata:

Universal Studio
Ini ada di top list karena merupakan tujuan utama kami datang ke kota Osaka, Jepang. Bagi fans Harry Potter, this’s a must to do once in a lifetime karena sensasinya sungguh luar biasa. Memasuki kawasan khusus Harry Potter seperti berada di Hogsmeade yang merupakan desa di dekat Hogwarts. Ada beberapa permainan yang disediakan di kawasan Harry Potter. Sayangnya saya hanya sempat mencoba satu permainan yaitu Harry Potter and The Forbidden Journey  karena antrinya yang super panjang hingga berjam-jam. Padahal saat itu musim dingin tetapi orang-orang yang datang ke Universal Studio tetap banyak.
Ki atas: gerbang sebelum memasuki wilayah Harry Potter
Ki bawah: gerbang Hogwarts
Kanan: saya yg sangat excited di depan Hogwarts

Antri permainan The Forbidden Journey dimulai dari saat memasuki gerbang Hogwarts dan kita dibawa terus berjalan ke ruangan seperti ruangan bawah tanah yang gelap (dungeon) yang berada di kastil. Kita akan melihat berbagai macam ruangan yang ada di buku dan film Harry Potter seperti ruangan kepala sekolah, kelas pertahanan ilmu hitam, lukisan para hantu dan masih banyak lainnya.

Selama permainan, kita seakan-akan diajak naik sapu terbang mengelilingi Hogwarts, bermain quidditch, melawan dementor dan masih banyak lainnya. Kursi yang kita duduki akan berputar, jatuh, miring mengikuti jalannya film 3D yang diputar. Pengalaman yang luar biasa karena kita seperti benar-benar merasakan terbang bersama Harry Potter.

Setelah mencoba permainan, kita bisa mencoba makan di The three broomsticks, mencoba minum butterbeer yang mirip minuman jahe, dan tentunya belanja di toko-toko bersuasanakan negeri sihir. Kita juga bisa menonton paduan suara dari murid Hogwarts dan melihat penampilan dari murid Beauxbatons dan Durmstrang. Arghh…rasanya waktu berlalu dengan sangat cepat bagi pecinta Harry Potter.
Minum butterbeer di depan toko owl dan Hogwarts Express

Di Universal Studio masih banyak atraksi-atraksi lainnya yang tentunya tidak kalah menarik dari wahana Harry Potter. Buat pecinta Hello kitty, Snoopy dan Sesame street juga bisa menikmati permainan dan tentunya foto-foto bareng dengan para tokoh kesayangan. Wahana-wahana yang mendebarkan seperti Spiderman, Flyng dinosaurs, Jurassic park, Jaws dan masih banyak lainnya juga bisa kita nikmati.
Foto dengan karakter di Universal Studio Jepang

Belajar dari minimnya permainan yang bisa saya coba selama di Universal Studio, saya ingin bagi-bagi tips untuk teman-teman agar bisa lebih puas main.
TIPS:
  1.  Datanglah di hari biasa dan usahakan bukan waktu libur anak sekolah di Jepang apalagi waktu libur nasional Jepang
  2. Belilah tiket Universal studio secara online agar anda menghemat waktu untuk mengantri tiket
  3. Jika punya dana lebih, bisa membeli express pass untuk membantu mempercepat antrian
  4. Datang sepagi mungkin untuk bisa antri paling depan di pintu masuk
  5. Begitu masuk langsung ke slot machine Harry Potter untuk mengambil slot waktu masuk ke wahana Harry Potter
  6. Teman yang lain bisa mengantri sementara salah satu dari kita membawa tiket masuk teman-teman lain untuk mengambil slot waktu wahana-wahana yang popular
  7. Jangan lupa sarapan yang banyak agar kuat antri di semua wahana
  8. Pilihlah wahana-wahana yang benar-benar anda inginkan karena tidak akan mungkin menikmati semua wahana dalam  waktu sehari 

Minami, Namba
Minami yang berada di daerah Namba merupakan salah satu pusat kota utama di Osaka. Kita bisa menemukan jalan Shinsaibashi yang merupakan daerah pertokoan seperti Orchard road di Singapura atau Champs Ellyses di Paris. Mulai dari barang buatan cina hingga ke premium brand seperti Hermes bisa kita temukan di daerah Shinsaibashi. Ingin berbelanja kosmetik jepang atau tas-tas premium second? Tidak usah bingung mencarinya karena semuanya ada disini.Jangan lupa untuk berfoto di depan papan reklame Glico Man. Belum sah rasanya ke Osaka jika belum berfoto dengan latar belakang papan reklame yang sangat happening ini.
Glico man di malam dan siang hari dari sisi yang berbeda

Masih di daerah Minami terdapat juga jalan dotonburi yang sejajar kanal dotonburi. Disini kita bisa menemukan toko yang menjual berbagai macam barang temasuk oleh-oleh di daerah ini. Dan yang serunya…toko ini buka selama 24 jam walaupun musim dingin. Makanan khas Jepang seperti okonomiyaki, takoyaki, sushi, shabu-shabu dan masih banyak lainnya bisa kita temukan disini.

Osaka Castle
Osaka Castle yang ada sekarang merupakan rekonstruksi dari Osaka castle yang awalnya dibangun Toyotomi Hideyoshi. Osaka Castle juga berfungsi sebagai museum yang menceritakan sejarah dari Osaka Castle dan Toyotomi Hideyoshi. Kita juga bisa duduk-duduk di tamannya dan menikmati suasana.
Ki: Tampak depan Osaka castle
Ka: Pemandangan Osaka dari Osaka Castle
Di dalam Osaka Castle yg menceritakan tentang sejarah Osaka Castle

Floating Garden Observatory (Umeda Sky Building)
Jika ingin melihat kota Osaka dari ketinggian maka Umeda sky buildinglah tempatnya. Gedung yang tingginya 170m ini memberikan panorama kota Osaka 360 derajat. Sehingga kita bisa puas menikmati keindahan kota Osaka apalagi saat sunset atau malam hari. Disini juga terdapat gembok cinta. Kita bisa memesan nama kita dan pasangan untuk diukir di gembok berbentuk hati kemudian memasangkannya di tempat yang telah disediakan.
Suasana Osaka di malam hari dan gembok cinta di Umeda

Museum of History
Museum yang terletak di seberang jalan dari Osaka Castle ini berisi tentang sejarah kota Osaka. Museum ini tidak seperti museum pada umumnya karena terletak di gedung seperti gedung perkantoran. Memasuki museum ini sangat nyaman dan kita bisa melihat sejarah kota Osaka lengkap dengan patung-patung seukuran manusia. Memasuki museum ini seperti kembali ke kota Osaka di jaman lampau
Suasana Museum of History

Museum House of Living
Museum yang juga terletak di gedung ini memperlihatkan rumah-rumah dan cara hidup penduduk Osaka di jaman pemerintahan Edo 1603-1807. Rumah-rumah yang diperlihatkan seperti ukuran aslinya sehingga kita akan seperti berada kembali di jaman Edo. Kita juga bisa meminjam kimono dengan harga yang sangat terjangkau dan seakan-akan berjalan-jalan di kota Osaka jaman dulu.
Suasana di Museum House of Living. pic kiri dari japan365

Rinku Premium Outlet
Sebagai pecinta belanja tentunya kesempatan berbelanja brand premium tidak saya lewatkan begitu saja. Kita bisa pergi ke Rinku Premium outlet untuk melihat berbagai barang branded yang super diskon. Banyak brand brand ternama seperti Coach, Armani, Anna sui, Adidas, Bally, Furla dan masih banyak lagi brand premium lainnya yang memberikan diskon sangat banyak.
Premium Outlet

Rokko Snow Park
Tidak lengkap rasanya pergi berlibur di musim dingin tanpa melihat salju. Kita bisa melihat dan bermain salju di Rokko snow park yang letaknya tidak jauh dari kota Osaka. Tempat ini bisa dijangkau dengan kereta dan dapat dilakukan sebagai day trip. Snow park yang hanya buka selama bulan desember hingga april ini menawarkan sensasi bermain salju dan ski untuk pemula. Baju dan alat bermain ski dapat di sewa di sana sehingga kita tidak perlu khawatir.
Bermain salju dan ski di Rokko snow park

Berlibur di kota Osaka merupakan pengalaman tersendiri yang tidak bisa saya lupakan karena banyak pengalaman berharga yang saya dapatkan. Dimulai dari kebingungan soal arah, makanan maupun kunjungan ke tempat wisata. Ingin rasanya kembali ke Osaka lagi dan lebih menikmati kunjungan disana. Belum puas rasanya menikmati wahana Harry Potter dan juga atraksi wisata lainnya. Saya juga tidak banyak mencoba makanan lokal karena khawatir soal kehalalannya.

Kendala mengenai makanan halal merupakan masalah terbesar yang saya hadapi selama di Jepang. Maklum saja, sebagai negara yang penduduknya bukan mayoritas muslim apalagi banyak yang tidak bisa bahasa inggris sehingga agak menyulitkan bagi kami. Inilah yang menjadi salah satu alasan utama saya akan memilih Cheria Wisata Tour Travel Halal terlengkap di Indonesia jika nantinya akan kembali berlibur ke Jepang.
Seringnya makan Sushi biar lebih terjamin kehalalannya. Makan Okonomiyaki setelah diinfo oleh teman yang orang jepang

Adanya jaminan dari Japan Halal Assosiation (JHA) sungguh membuat hati ini tenang. Saya tidak perlu lagi khawatir akan makanan dan juga waktu shalat karena semua sudah direncanakan oleh Cheria Wisata Tour. Saya cukup mengikuti semua rencana perjalanan yang telah disiapkan. Liburanpun menjadi Worry FREE sehingga saya benar-benar bisa menikmati waktu liburan yang sangat terbatas.

Alasan lain yang membuat saya memilih Cheria Wisata tour yaitu tidak perlu menunggu hingga puluhan orang untuk berangkat. Ini tentunya memudahkan kita untuk menyesuaikan dengan jadwal cuti yang kita dapatkan dan bukan mengikuti jadwal travel. Harga yang ditawarkanpun bersaing dengan travel-travel lainnya sehingga kita tidak perlu khawatir langsung bokek setelah pulang liburan. Asyik bangetkan

So…buat teman-teman yang ingin ke Osaka dan juga kota-kota lainnya di Jepang…met liburan dan have fun yaa

Lomba Menulis Artikel Cheria Wisata

Tulisan ini diikutsertakan Lomba Menulis Artikel Kreatif. Wish me Luck XOXO

19 comments:

  1. dehhh kereennnyaaa kak liaaa...
    kapan ya punya postingan jalan2 jepang juga ahhahahahaah

    ReplyDelete
    Replies
    1. smoga dalam waktu dekat yaa...yuuk kita cari ticket murah

      Delete
  2. Ahhh mupeeeeng.. pengen ke Jepang hihihihi... Semoga semoga bisa ada rejeki minum butterbear & jalan2 ke hogwart :D

    ReplyDelete
  3. ngiler liat main saljunya maklia... tapi emang ya klo masalah ke halalan penting banget ya, trus klo udah di jamin kan kita jadi tenang

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget mak...suka pusing kl urusan makanan. penfen nyoba makanan lokal tp takut gak halal

      Delete
  4. lia, bener kata mamih, abis baca ini langsung mupeenggg,

    arggghh pengen minum butterbeer......

    ReplyDelete
  5. penasaran yaa kayak gmn sih aslinya butterbeer

    ReplyDelete
  6. Mbaaa enak banget ya jalan-jalan di Osakanya, pengen banget ke Osaka Castle sama foto-foto di Glico Man ><

    ReplyDelete
  7. Ih kerennya, pasnya waktu itu dih pake Cheria Wisata Tour, jadi bisa cerita. "Elemen halal" memang penting sekali saat traveling, yah. Daaan, tahun 2015 lalu, lho tapi Lia bisa cerita banyak. Keren. Moga menang, yah.

    ReplyDelete
  8. Aku akuuu fans Harpot juga. Aaaaak, mau banget ke sana. Semangat nabung sama ngincerin Cheria Travel deh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Didoain biar tabungannya cepat terkumpul yaa mba

      Delete
  9. Weis udah ke USJ Osaka aja Mak, saya belum pernah. Hiks jadi student mah beda sama turis..... harga normal orang Jepang. Apalagi naek shinkansen yang menguras jatah bulanan beda kalo pake JR Pass

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayang bgt mba...pdhal dirimu di jepangkan

      Delete
  10. Masih di buck list ku nih mbak ke Jepang...pengennya bawa semua keluarga biar bisa puas liburannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiin...didoain biar segera kesana ama keluarga yaa mba

      Delete

Hi...makasi sudah mampir. Tolong tinggalkan name/url yaa biar bisa saya BW balik. Maaf, Komentar yang berisi link hidup akan saya hapus :) Happy Reading

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...